Jumat, 09 September 2011

Budidaya Chlorella sp


Chlorella adalah ganggang hijau bersel tunggal, Chlorella tidak memiliki bulu cambuk sehingga tidak dapat bergerak di perairan. Habitat chlorella cukup luas, yakni di air tawar, air payau, dan air laut. Dinding sel pada chlorella tipis, agak keras, padat, dan panjanggnya 3-8 mikron. Dengan karakter tersebut chlorella cocok di konsumsi oleh benih ikan.
Chlorella mengandung 30% protein, 15% lemak dan pigmen karoten berupa lutein. Pigmen ini berperan untuk membentuk warna kuning dan mencerahkan ikan hias.
teknik budidaya :
  1. Persiapkan wadah untuk menampung chlorella, isi air sebanyak dengan volume 1 m³ dan letakkan di bawah sinar matahari langsung.
  2. Bibit chlorella dpt di ambil dari perairan tawar atau perairan asin, sesuiakan air dalam wadah dengan asal bibit chlorella.
  3. Media penampung chlorella diberi pupuk NPK dan TSP sebanyak 25 gram/m³. Pupuk di bungkus dengan kain halus agar tidak mengotori perairan
  4. Selama proses budidaya, air pada media di aerasi
  5. Setelah 3-5 hari, chlorella sudah berkembang biak. ditandai dengan berubahnya warna permukaan air dari jernih menjadi hijau segar
  6. Pada hari ke 6 chlorella sudah dapat di panen

5 komentar:

  1. Jual chlorella-nya ga gan? saya minat beli

    BalasHapus
    Balasan

    1. kami sedia pakan alami phytopalnkton dan zooplankton sistem kultur per paket.
      yang berminat silakan add FB saya : ugo.takeshimura@ymail.com

      Hapus
  2. saya jual algae chlorella vulgaris per liter bisa hubungi saya ke WA : 085728100069

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya di jogja. lebih lengkapnya bisa add FB : ugotakeshimura@ymail.com

      Hapus